Al-Quran juga menyuruh kita-kita Kaya lho..


Sebenarnya kaya bukanlah suatu keburukan bagi orang-orang yang mengamalkan untuk kebaikan hidup di dunia dan akhirat. Begitu banyak dalil al-Quran yang mensyariatkan kaum Muslimin mencari kekayaan, Ibnu Taimiyah dalam Kitab Majmuu’ul Fataawa aja bilang kalau “ mencari kekayaan hukumnya wajib ,yaitu berlaku perkara-perkara yang harus dilakukan untuk menunaikan kewajiban-kewajiban”

Dalil al-Quran :

1. Halalnya perdagangan dan jual beli
Allah swt berfirman :
“…padahal Allah telah menghalalkan jual beli.”
Allah Swt berfirman :
“ (tulislah muamalahmu itu ), kecuali jika muamalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu maka tak ada dosa bagi kamu,(jika) kamu tidak menulisnya.” (al-baqarah [2]: 282

Ayat-ayat ini mengungkapkan halalnya jual-beli,praktik bisnis merupakan satu jalan menjemput kekayaan sehinnga mencarari kekayaan disyariatkan.

2. Pentingnya niaga dan bisnis
Allah berfirman:
”Dialah yang menjadikan Bumi itu mudah bagi kamu maka berjalanlah disegala penjurunya dan makanlah sebagian rezeki-Nya.dan hanya kepada-Nya-lah kamu(kembali setelah) dibangkitkan.” (QS al-mulk [67]: 15)

Ayat diatas memperlihatkan perintah Allah Swt berkeliling di seluruh negeri dan menikmati Anugerah rezeki yang di sediakan oleh-Nya. Tanpa sebuah ikhtiar seperti berniaga, perintah ini mustahil untuk dijalankan.

To be continue.....

No comments: